Selasa, 21 April 2015

KULINER ENAK DI PEKANBARU

Siang-siang gini kayanya paling pas ya kalo posting tentang makanan enak. Tau gak kalo Pekanbaru itu salah satu surganya makanan enak? Gak percaya? Coba deh datang kesini, nanti saya ajak keliling Pekanbaru icip-icip makanan yang enak-enak di sini. ;)
Nah kali ini saya mau posting review beberapa tempat makan yang saya rekomendasikan untuk dijadikan pilihan santap siang enak di Pekanbaru. Harganya sangat terjangkau. Dan rasanya sudah dijamin superrrr endeus maksimal.
Check it out!

1. SUP TUNJANG TRI BUANA – JLN. DIPONEGORO

1_zpse21820dbSup Tunjang 1/2 porsi Rp 15.000 (exclude nasi putih)
So far menurut saya ini sup tunjang yang paling enaaaak di Pekanbaru. Terletak di kawasan Gor Tri Buana jalan Diponegoro, Pekanbaru. Porsinya super besar deh. Foto di atas itu 1/2 porsi loh. Jadi beneran dijamin puas lah makan di sini hehehe. Rasa sup tunjangnya gurih banget deh, bumbu kaldunya terasa sekali, dagingnya superrrr lembut. Dimakan siang-siang gini pake nasi putih wih mantap banget pastinyaaa.. :D
Setau saya, Sup Tunjang Tri Buana ini bukanya siang hari aja deh, dari jam-jam 11an gitu kali ya. CMIIW ya guys. Saya sih biasanya ke sana sekitar jam 12 atau jam 1 gitu, pas jamnya makan siang. Biasanya suka rame juga nih, banyak yang lagi istirahat kantor trus melipir ke sini buat makan siang dengan menu sup tunjang ini. Oh iya, selain sup tunjang, di sana juga ada menu lainnya, seperti sup daging. Kayanya enaknya sama sih ini. :)

2. RM BAUNG – JLN. SEKOLAH UJUNG, RUMBAI

2Gulai Ikan Baung. Harganya lupa berapa. :D
Nah buat yang ngantor atau kuliah di kawasan Rumbai, kalo lagi cari makan siang coba deh melipir ke RM Baung ini. Letaknya di Jalan Sekolah ujung. Jadi kalo masuk ke jalan Sekolah dari arah Yos Sudarso, luruuuuuus aja terus sampe mentok ke pertigaan jalan Sembilang, nah posisi RM Baung ini ada di sebelah kanan. Tampilan rumah makannya sederhana banget deh, tapi yang makan di sana banyak orang-orang penting juga.
Yang diandalkan di rumah makan ini udah jelas dong apa? Yes, gulai baungnya. Aduh ya itu ikan baungnya lembuuuut sekali. Dimakan pake nasi hangat duh enaknya tak ada tandingannya hehehe. Saya lupa persisnya harga seporsi baung ini berapa. Tapi biasanya kalo makan di sana, nasi putih + gulai baung + kerupuk kulit (jangek) + es teh manis, semuanya Rp 25.000 ajah. Murah kan yah? :)
Selain baung, ada juga menu lainnya seperti ayam goreng, gulai jengkol, ikan pantau goreng, dan masih banyak lagi. Yuklah yang tiba-tiba laper pengen makan baung, mending langsung meluncur ajah ke RM Baung di Jln. Sekolah Ujung ini. ;)

3. RM PONDOK GURIH – JLN. SUDIRMAN

IMG_2280Kalo ditanya makanan khasnya kota Pekanbaru yang enak, pasti gak jauh-jauh dari Patin/Baung Asam Pedas. Nah, salah satu tempat makan Patin/Baung yang enak dan sudah terkenal di Pekanbaru ini adalah RM Pondok Gurih. Lokasinya strategis di jalan Jend. Sudirman No. 202 Pekanbaru. RM Pondok Gurih ini sudah ada sejak lama. Dan setau saya cabangnya juga sudah dibuka di kota lain, salah satunya kota Batam.
Menu andalan RM Pondok Gurih ini sudah tentu adalah Ikan Patin Asam Pedasnya. Sepotong ikan patin asam pedas harganya kalo gak salah Rp 25.000. Favorit saya yang lain adalah ikan pantau goreng. Aduh ya, itu ikan pantau digoreng kering trus makannya dicocol di saus kecap gitu enak banget. A kind of foodgasm type gitu deh hehehe. Selain itu, di RM Pondok Gurih juga ada gulai baung, sate ayam, cah kangkung dan menu-menu lainnya. Untuk appetizernya ada lumpia yang rasanya juga enak. Dan buat yang mau bawa patin ini sebagai oleh-oleh bisa loh, mereka menyediakan packaging khusus untuk oleh-oleh. :)

4. RUMAH MAKAN BUDE – GOBAH

kantin bude2kantin budepage2Untuk penikmat makanan-makanan dengan cita rasa pulau Jawa, coba deh melipir ke Rumah Makan Bude ini. Tipikal rumah makan dengan banyak pilihan lauk pauk yang rasanya enak dan harganya murah. Tapi maafkan saya karena gak bisa kasih alamat lengkapnya, karena saya pun ndak tau itu nama jalannya apa hehehe. Yang jelas, lokasinya di Gobah. Kalo ada yang tau alamat Rumah Makan Bude ini beserta ancer-ancernya, please share di comment yah. :)
Pilihan lauknya beragam sih. Ada opor ayam, sambal kentang goreng kering, sambal kentang goreng dan telur puyuh, ikan goreng, dan lain-lain. Kalo makan di tempat biasanya dikasi sayur asam free. Tempatnya bersih dan rapi. Kalo datang pas jam makan siang aduh ramenya gak karuan deh. Bisa-bisa gak dapat tempat duduk hehehe.

5. RM SENDOK GARPU – JLN. RIAU

Selain Rumah Makan Bude, salah satu rumah makan yang menyajikan banyak pilihan adalah RM Sendok Garpu. Letaknya di Jln. Riau, di seberang Van Hollano Jln Riau. Selain di Jln. Riau, ada juga di Jln. Nangka tapi saya lupa ancer-ancernya apa hehehe. Pilihan makanan di sini sangat beragam. Dan yang saya suka di rumah makan ini, potongan ayam dan ikannya model fillet gitu. Jadi buat yang porsi makannya mini, lebih enak kan kalo ukuran ayam/ikannya juga mini? Hehehe. Favorite saya di RM Sendok Garpu ini adalah ayam goreng mentega dan ayam goreng crispynya. Enaaak hihihi.
page1Oh ya, selain makan di tempat, RM Sendok Garpu juga bisa diorder kotakan loh kalo buat acara-acara kantor gitu. Kantor saya cukup sering nih pesen nasi kotakannya di RM Sendok Garpu. Sekotak harganya Rp 25.000 dengan 2 lauk + 1 sayur. Lumayan murah juga kan yah. Buat yang mau order coba aja telfon langsung ke RM Sendok Garpu di nomor 0761 35388 (RM Sendok Garpu Jln. Riau) dan 0761 7046347 (RM Sendok Garpu Jln. Nangka). :)

6. SUP TUNJANG PERTAMA


sup tunjang pertamaSelain Sup Tunjang GOR Tri Buana, ternyata ada juga yang namanya Sup Tunjang Pertama. Aduh kalo ditanya lokasinya di mana, saya kurang tau nih. Waktu itu pertama kalinya makan di sana diajakin teman kantor. Trus saya gak tau itu nama jalannya apa hehehe. Yang jelas di sekitaran Jln. Riau juga, tapi masuk-masuk lagi ke jalan kecil yang saya gak tau nama jalannya apa. :D
Dibanding Sup Tunjang GOR Tri Buana, Sup Tunjang Pertama ini masih kurang oke sih menurut saya. Dagingnya rada keras (gak selembut di Tri Buana), trus kuah kaldunya saya lebih suka si Sup Tunjang Tri Buana. Tapi waktu saya makan siang di sana, rame banget deh. Katanya sih tempat ini udah terkenal juga buat yang mau makan Sup Tunjang. Untuk harga, saya lupa persisnya berapa. Tapi kurang lebih Rp 25.000 lah seporsinya.
***
Segitu dulu deh ya review kulinernya. Nanti kalo saya ada nemu tempat makan enak dan murah untuk makan siang atau makan malam di Pekanbaru, saya share lagi. Banyak sih sebenernya, tapi yang baru saya icip-icip cuma beberapa, salah satunya ya yang di atas itu hehehe.
Well, selamat menikmati santap siangnya ya. Semoga postingan ini bisa jadi referensi kuliner enak di Pekanbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar