Selasa, 21 April 2015

PEKAN BARU Punya Kuliner Khas Melayu Broo , Mari Mampir ? GO RIAU

Citarasa Kuliner Kota Pekanbaru
Jika mengunjungi Pekanbaru, tentu tak lengkap tanpa merasakan wisata kulinernya. Ada berbagai macam kuliner yang khas di Pekanbaru. Anda wajib mencoba masakan khas gulai ikan patin. Kuliner ini merupakan kuliner wajib jika mengunjungi Pekanbaru. Salah satu tempat yang menyediakan gulai ikan patin nikmat adalah rumah makan Pondok Patin H Yunus di Jalan KH Nasution, Simpang Tiga dan Pondok Gurih, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.
Lalu ada gulai ikan baung. Ini merupakan adalah jenis ikan air tawar yang banyak diternakan di Pekanbaru. Tekstur daging ikan yang padat namun lembut terasa sangat pas dipadukan dengan bumbu asam pedas yang menggugah selera. Rasa gurih, pedas, dan asam menjadi satu masakan yang lezat yang harus dicoba. Beberapa rumah makan khas melayu menyediakan menu ini.
Jika mengunjungi Pekanbaru, jangan lupa untuk mencicipi kuliner roti jala. Ciri khas roti ini ialah jika pada umumnya roti berisi cokelat, pisang, susu, atau keju. Maka roti jala merupakan roti dengan kuah kari kambing dan acar nanas. Makanan ini bisa ditemui di beberapa rumah makan khas melayu.

Makanan lain yang pas untuk dijadikan oleh-oleh dari Pekanbaru adalah lempuk dan pancake durian. Hampir di semua tempat penjualan oleh-oleh, selalu menyediakan jenis kuliner ini. Durian Pekanbaru memang menjadi salah satu kuliner wajib yang harus dicoba. Hanya di Pekanbaru, durian biasa disajikan dengan pulut atau ketan putih serta taburan kelapa parut yang dapat menambah kelezatan.

Selain kuliner di atas tadi, Pekanbaru juga terkenal dengan berbagai kuliner khas seperti bolu kemojo, asidah dan kue Bangkit. Diberi nama kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven akan berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semula. Warna kue bangkit ini putih kekuningan dan kadang dipercantik dengan diberi noktah berwarna merah di atasnya. Tekstur kue bangkit yang sangat halus dan gampang remuk. Kue bangkit akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah. Rasanya yang manis ini menjadi daya tarik bagi anak-anak. Mudah ditemukan di tiap toko oleh-oleh.




Lalu ada pula ikan salai. Yakni sejenis ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan melalui proses pengasapan. Ikan Salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Riau  yang tinggal di sepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau.(***Tulisan dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar