Selasa, 21 April 2015


Tempat Wisata di Pekanbaru


Sebagai Ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru lebih dikenal sebagai kota bisnis ketimbang tujuan wisata. Namun, bukan berarti di Pekanbaru tidak ada tempat wisata. Berikut ini tempat-tempat wisata yang ada di Kota Pekanbaru.
Wisata Rekreasi:
  • Riau Fantasi & Labersa Waterpark
88waterboom
Riau Fantasi atau biasa disingkat Rifan, adalah tempat wisata keluarga yang mengusung konsep taman rekreasi dan waterpark. Lokasinya tak jauh dari pusat kota atau sekitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Riau Fantasi terletak di komplek Labersa Grand Hotel and Convention Center Jalan Parit Indah, Kabupaten Kampar
Disini ada wahana permainan air, seperti beberapa jenis kolam dan papan seluncur air.  Selain wahana air, ada berbagai permainan seperti kereta wisata, komedi putar dan lain-lain.
  • Taman Rekreasi Putri Kaca Mayang
taman-putri-kaca-mayang1
Taman Ria Putri Kaca Mayang adalah taman ria yang pertama kali ada di Kota Pekanbaru. Lokasinya di pusat kota, tepat di depan kantor Walikota Pekanbaru. Sebagai taman ria yang pertama, tentu kita memiliki banyak memori tentangnya kan?
Ada banyak fasilitas hiburan yang tersedia, antara lain kolam renang, komedi putar, bombom car dan berbagai macam permainan lainnya.
Kabar terbaru, taman ria ini akan dibongkar dan akan dijadikan taman kota. Dimana nantinya di taman putri kaca mayang akan dibuat jalan penghubung dari jalan Jenderal Sudirman ke jalanSumatera.
  • Kebun Binatang Kasang Kulim
img_1982@j-329
Kebun Binatang Kasang Kulim terletak di jalan Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu. Lokasinya dapat ditempuh lebih kurang 25 km atau sekitar 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Tapir merupakan maskot Kebun binatang kasang kulim.
Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak koleksi binatang, antara lain monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi. Selain dapat mengenali berbagai binatang langka, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas permainan seperti andong, bebek kayuh, papan seluncur, ayunan dan juga kolam pancing dan kolam renang anak.
Wisata Alam:
  • Danau Kayangan, Rumbai
    Rencana Pengembangan Danau Buatan
    Rencana Pengembangan Danau Buatan
Lokasinya berada di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai pesisir, Kota Pekanbaru. Dahulu bernama Danau Buatan, saat ini bernama Danau Bandar Kayangan Lembah Sari atau yang dikenal dengan nama Danau Kayangan. Disebut Danau Buatan karena dulunya ini adalah sebuah bendungan irigasi yang disulap menjadi objek wisata.
Di Danau Kayangan kita bisa menikmati angin sejuk dipinggir danau bersama keluarga, memancing ikan, kita juga dapat menaiki kendaraan air untuk berkeliling danau.
Bahkan pada saat penyelengaaraan PON ke XVIII di Riau, danau ini dijadikan salah satu venue untuk cabang olahraga ski air.
  • Taman Wisata Alam Mayang
1
Alam Mayang mengusung wahana rekreasi keluarga di alam terbuka. Disini kita dapat menikmati suasana alam yang tenang di kawasan kota Pekanbaru. Letaknya tak jauh dari pusat kota, yakni di tepi jalan H Imam Munandar (dulunya jalan Harapan Raya) KM 8, Kecamatan Bukit Raya.
Alam Mayang merupakan wisata favorit warga Pekanbaru dan selalu ramai saat hari libur. Di Alam Mayang terdapat beberapa fasilitas seperti: outbound, memancing, bersepeda air dan beragam permainan lainnya.
DSC_1425
Merupakan sebuah tanah bekas galian berpasir putih yang di genangi air hujan sehingga  menjadi seperti kawah berpasir putih dan air biru. Tersebar dari mulut ke mulut, banyak kalangan anak muda yang mengabadikan lokasi ini sebagai foto profil di akun media sosial miliknya. Letaknya di tanah kosong milik karyawan PLN yang tak jauh dari hotel labersa Desa Tanah Merah Kabupaten Kampar.
Wisata Sejarah & Budaya
Musium Sang Nila
Museum Sang Nila Utama ini terletak di jalan Jenderal Sudirman Nomor 194. Museum ini merupakan museum sejarah terbesar dan terlengkap di Pekanbaru.
Disini kita dapat melihat sekitar 3.886 koleksi museum, koleksi yang paling menonjol ialah sejarah Provinsi Riau. Buka tiap Selasa-Minggu, tidak dipungut biaya masuk.
Disebelah Museum Sang Nila Utama, terdapat Gedung Taman Budaya Riau. BerarsitekturMelayu yang sangat kental, gedung ini digunakan sebagai tempat pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni Melayu Riau serta kegiatan-kegiatan lainnya.
  • Perpustakaan H Soeman HS
81f917afce0a7da6d0174bZty-107
Perpustakaan Wilayah H Soeman HS merupakan perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Letaknya yang berada di pusat kota, memudahkan kita untuk berkunjung kesana. Bentuk bangunannya yang megah, dimana menjadikan perpustakaan ini sebagai salah satu landmarkKota Pekanbaru.
Nama perpustakaan ini berasal dari nama salah seorang seniman Riau, yakni H Soeman HS (Hasibuan). Perpustakaan ini terdiri dari lima lantai. Perpustakaan ini buka setiap hari, kecuali pada saat hari libur nasional.
  • Pecinan
14 - 1
Di Pekanbaru juga ada pecinan (chinatown) lho, lokasinya di jalan Dr Leimena (dulunya jalan karet). Saat ada perayaan Imlek, di kampung Tionghoa ini biasanya diadakan perayaan, ada lampion, atraksi barongsai, bakar petasan hingga perayaan kembang api.
Wisata Rohani
agung_annur_pku_nightshot
Mesjid Agung Annur seringkali disebut sebagai Taj Mahal-nya Indonesia, karena memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan India. Selain menjadi tempat ibadah, mesjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Bahkan rasanya belum afdhol jika tidak ke mesjid ini saat berkunjung ke Pekanbaru.
Masjid raya pekanbaru
Mesjid yang terletak di jalan Mesjid nomor 13, kecamatan Senapelan, ini merupakan mesjid tertua di Pekanbaru. Mesjid ini menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan kota Pekanbaru. Dibangun sekitar tahun 1762 saat pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah, Sultan keempat Kerajaan Siak Indrapura.
Mesjid yang sedang mengalami renovasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, terutama saat bulan ramadhan. Di mesjid ini terdapat Makam Marhum Bukit serta Makam Marhun Pekan yang merupakan pendiri kota Pekanbaru.
Wisata Belanja
Pasar Bawah
Pasar Bawah
Cari oleh-oleh khas Pekanbaru? Yuk ke Pasar Bawah aja. Pasar tertua di Pekanbaru ini berada di ujung Jalan Ahmad Yani, kecamatan Senapelan. Disini kita dapat menemukan berbagai produk impor dari Singapura, Malaysia, Taiwan, Cina, Timur Tengah bahkan Italia dengan harga miring.
Untuk makanan khas disini kita dapat menemukan bolu kambojo yang nikmat dan aneka makanan khas Melayu. Selain itu, juga banyak aksesoris cantik dapat kita temukan di sini.
  • Dekranasda Riau
Foto0266
Dekranasda adalah pusat cinderamata Riau terlengkap di kota Pekanbaru. Lokasinya di ujung Jalan Sisingamangaraja. Disini ada busana Melayu Riau, batik Riau, kain tenun, kain songket, serta berbagai kerajinan kayu. Selain itu, kita juga dapat melihat proses pembuatan batik Riau yang cantik dan kaya akan warna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar